Saturday, May 30, 2015

MAKALAH MINUMAN KERAS



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
            Banyak dampak dari minuman keras atau miras yang dirasakan mulai dari ketidaknyamanan warga melintasi jalan, pemalakkan uang, perkelahian bahkan terjadi pembunuhan. Ini di sebabkan karena alkohol sudah menguasai akal dan pikiran mereka. Namun, tidak ada kesadaran yang mereka rasakan ketika itu semua nya terjadi, bahkan mereka bekerja seperti hanya untuk membeli minuman keras. Ini menunjukkan bahwa perlu adanya kerja sama dari berbagai pihak untuk mendukung gerakan anti miras khususnya di berbagai kota untuk melindungi generasi muda dari bahaya miras.mengupayakan agar mereka tidak meniru gaya hidup keluarga ataupun kerabat mereka yang suka mengkonsumsi miras.
            Di harapkan agar pemerintah dan DPR segera menerapkan perda miras atau menutup total dan tidak memberikan izin kepada siapapun untuk menjual miras. Karena budaya masyarakat papua bukan budaya miras dan bukan budaya melakukan kriminalitas. Sorong cinta kedamaian dan menjadi kota yang aman dan kondusif.kita sebagai masyarakat papua ingin bersama-sama memajukan dan melestarikan budaya yang baik dan membuang jauh-jauh budaya yang dapat mencoret nama daerah kita sendiri. Berjuanglah memajukan dan mengisi pembangunan dengan segudang prestasi yang dimiliki anak negeri.

1.2  Rumusan Masalah
1.      Apa Pengertian Minuman Keras?
2.      Bagaimana Kebudayan Masyarakat Batak dan Manado?
3.      Bagaiman Kebudayaan Masyarakat Minang atau Melayu?
4.      Apa saja Perbandingan budaya masyarakat manado dan batak dengan budaya masyarakat Melayu dan Minang terhadap hal pesta dan minuman keras?


1.3  Tujuan
1.      Untuk Mengetahui Pengertian Minuman Keras
2.      Untuk Mengetahui Kebudayan Masyarakat Batak dan Manado
3.      Untuk Mengetahui Kebudayaan Masyarakat Minang atau Melayu
4.      Untuk Mengetahui Perbandingan budaya masyarakat manado dan batak dengan budaya masyarakat Melayu dan Minang terhadap hal pesta dan minuman keras

















BAB II
PEMBAHASAN


2.1  Pengertian Minuman Keras
            Minuman keras (disingkat miras), minuman suling, atau spirit adalah minuman beralkohol yang mengandung etanol yang dihasilkan dari penyulingan (yaitu, berkonsentrasi lewat distilasi) ethanol diproduksi dengan cara fermentasi biji-bijian, buah, atau sayuran. Contoh minuman keras adalah arak, vodka, gin, baijiu, tequila, rum, wiski, brendi, dan soju.
            Minuman keras tidak termasuk minuman fermentasi yang tidak disuling seperti bir, tuak, anggur, dan cider. Istilah "hard liquor" (juga berarti "minuman keras") digunakan di Amerika Utara dan India untuk membedakan minuman suling dari yang tidak disuling (jauh lebih rendah kadar alkoholnya).

2.2  Kebudayan Masyarakat Batak dan Manado
            Kebanyakan orang Indonesia yang beragama Islam tidak minum minuman yang mengandung alkohol berazaskan ajaran agama tersebut. Akan tetapi tuak berposisi sebagai minuman khas Batak Toba, karena sebagian besar orang Batak Toba menganut agama Kristen yang tidak memantang minuman keras.
            Walaupun tuak merupakan minuman penting bagi orang Batak Toba, sampai sekarang studi mengenai tuak yang berfokus pada aspek sosial-budaya boleh dikatakan masih sedikit saja
            Tuak adalah salah satu minuman yang masuk dalam golongan alcohol, hasil fermentasi dari bahan minuman/buah yang mengandung gula. Umumnya tuak di daerah Sumatera Utara terbuat dari tanaman/pohon aren atau kelapa.
            Sampai sekarang, minuman tuak masih sangat merakyat di daerah Sumatera Utara apalagi untuk orang Batak Toba yang tinggal di bona pasogit atau tempat-tempat lain. Hampir di setiap kampong ada kedai yang sering dinamakan kedai tuak atau lapo tuak. Di kota Siantar dan kota-kota kecil lainnya pastilah juga terdapat beberapa kedai tuak. Walaupun tidak hanya tuak dihidangkan di kedai tersebut, namun nama kedai itu justru diambil dari minuman tuak ini.
            Bila meminum sedikit, tuak akan mencipta keramahan. Semakin banyak, tuak akan mengganggu kemampuan peminumnya untuk mengerti kejadian-kejadian penting yang berlangsung di sekitarnya. Semakin banyak diminum maka orang tersebut akan secara serius mengalami gangguan koordinasi gerak tubuh, kemampuan pikiran, membuat keputusan dan bicara. Bila semakin banyak, alcohol bisa membuat pingsan, koma dan kematian.
            Cap tikus adalah nama sebuah minuman keras asli Minahasa, Sulut.Di Maluku,miras jenis ini dikenal dengan nama Sopi (dari bahasa Belanda, Zoopje), yang berarti alkohol cair. Waranya putih bening,dengan kadar alkohol berkisar 70-80%.Cairan yang memabukkan ini bersumber dari pohon aren (enau) yang tumbuh liar di hutan-hutan tropis.Orang Minahasa menyebutnya pohon seho, atau pohon mana (nawa-nawa) kata orang Maluku tetangga dekata Monahasa.
            Konon pasukan marinir Belanda mendarat  di Manadoawal tahun 1900. Beberapa minggu setelah mereka di bumi Minahasa , mereka kehabisan stok miras. Apa nyana, pengen mabuk, mereka  mencari miras , terutama khas Eropa; Bolls, Jenewer, dan Whisky. Cari punya cari mereka tak menemukan minuman yang mereka inginkan.Peluang ini ditangkap oleh pedagang Cina Manado. Akhirnya  mereka mencari  dan mengumpulkan “seguer” asli (arak atau ballo kata orang Makassar) ke dalam botol dari penduduk di  kampung-kampung .
            Kepada  serdadu Belanda yang sudah kebelet ingin teler, pedangang Tionghoa Manado menyodorkan minuman alkohol kemasan botol   made in Inlander ; “Cap-Tikus“.Sejak saat itu minuman alkohol khas Miahasa ini dikenal dengan nama cap-tikus .
            Zat gula (glukosa) banyak  dikandung oleh buah, sayur bijian. Glukosa  ini oleh pembuat Cap Tikus  diubah menjadi alkohol dengan cara  fragmentasi (peragian) .Melalui proses ini  setiap  bakteri dan ragi akan  mengubah gula tadi menjadi etanol (alkohol). Air sadapan dari  pohon aren  dicampur dengan bubuk akar husor (agar aren  tidak menjadi gula ketika diproses menjadi Sopi). Aren yang bercampur bubuk husor tadi  lalu   dimasak dalam tungku kedap udara. Uap nya yang telah berubah menjadi zat cair bening  dialirkan ke dalam batang bambo di tampung dalam botol. Nah jadilah ia   Sopi atau Cap Tikus siap saji. Sederhana sekali.

2.3  Kebudayaan Masyarakat Minang atau Melayu
            Budaya Melayu umumnya, khasnya Melayu Riau, adalah budaya yang terbuka. Keterbukaan itulah yang menyebabkan kebudayaan Melayu menjadi majemuk dengan masyarakatnya yang majemuk pula. Kemajemukan inilah sebagai salah satu khasanah budaya Melayu yang tangguh, serta sarat dengan keberagaman. Karenanya, orang mengatakan bahwa budaya Melayu bagaikan pelangi atau taman bunga yang penuh warna warni, indah dan memukau. Salah satu khasanah budaya Melayu yang paling sarat dengan nilai-nilai utama sebagai “jatidiri” kemelayuan itu adalah adat istiadatnya atau dikatakan “adat resam”.
            Melalui proses keterbukaan itu pula adat resam Melayu menjadi kaya dengan variasi, sarat dengan simbol (lambang) dan falsafah. Kekayaan khasanah nilai itu dapat disimak antara lain dari keberagaman alat dan kelengkapan upacara adat, dari alat dan kelengkapan pakaian pakaian adat, dari bentuk dan ragam hias rumah, dari alat dan kelengkapan ruamh tangga, dari upacara-upacara adat dan tradisi, dari ungkapan-ungkapan adat (pepatah petitih, bidal, ibarat, perumpamaan, pantun, gurindam, seloka, syair dll), yang mereka warisi turun temurun.
            Karenanya, tidaklah berlebihan bila ada yang berpendapat, bahwa khasana budaya Melayu merupakan “ samudera budaya dunia”, sebab di dalam budaya Melayu memang terdapat berbagai unsur budaya dunia. Dengan sifat keterbukaan itu pula budaya Melayu mampu menyerap beragam unsur budaya luar, sehingga memperkaya khasanah budaya Melayu itu sendiri.
            Dari sisi lain, keterbukaan budaya Melayu tidaklah bermakna “terdedah tanpa penapis”, sebab adat istiadat Melayu menjadi salah satu penapis utama dari masuknya unsur-unsur negatif budaya luar. Nilai-nilai adat yang Islami itulah yang senantiasa menyaring dan memilah setiap unsur budaya luar yang masuk. Unsur yang baik mereka serap dengan kearifan yang tinggi, sedangkan yang buruk merka buang dan jauhkan.
            Sekarang, peranan adat nampaknya tidak lagi sekental dahulu, sehingga fungsi penapisnya juga turut luntur dan melemah. Akibatnya, di dalam masyarakat Melayu Riau, banyak sudah unsur-unsur negatif budaya luar yang masuk dan merebak kedalam masyarakat Melayu, terutama melanda generasi mudanya. Indikasi ini dengan mudah dapat disimak, antara lain dari berkembangnya kemaksiatan (prostitusi, perjudian, minuman keras, narkoba, tindakan kejahatan dll), yang menjangkau sampai kepelosok-pelosok perkampungan Melayu.
            Selain itu, karena menurunnya wibawa adat, menyebabkan terjadi semacam “krisis akhlak”, sehingga banyak sudah anggota masyarakat adat Melayu yang tidak lagi berperilaku sebagai “orang beradat”, tetapi berubah menjadi “orang yang emosional”, menjadi orang yang “kasar langgar”, menjadi orang yang “kehilangan sopan santun”, menjadi orang yang “bangga dengan hujat menhujat”, menjadi orang yang “berburuk sangka”, menjadi orang yang hidup “nafsu nafsi”, menjadi orang yang “mau menang sendiri”, menjadi orang yang mementingkan diri sendiri atau kelompoknya semata dan sebagainya.
            Keadaan ini tentulah sangat patut dan layak untuk disimak dan diredam, agar tidak terus menerus merebak merusak tatanan kehidupan masyarakat Melayu yang beradat dan Islami.

2.4  Perbandingan budaya masyarakat manado dan batak dengan budaya masyarakat Melayu dan Minang terhadap hal pesta dan minuman keras
            Kebudayaan Melayu identik dengan masyarakat islam yang menjunjung tinggi moral islam. Masyarakat melayu lebih memilih tertutup atau menyembunyikan bila ingin mengkonsumsi minuman keras berbeda dengan masyarakat manado dan batak yang menjadikan minuman keras sebagai kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari atau menggunakan nya dalam acara adat sekalipun.
            Kecenderungan primata termasuk manusia mengkonsumsi minuman beralkohol memang sudah ada di dalam gen selain secara budaya sudah ada sejak zaman dahulu kala. Keberadaan enzim pencerna alkohol secara alami melindungi dari bahaya alkohol di dalam tubuh sekaligus memberikan “kemungkinan” untuk menikmatinya. Itu sebabnya kita bisa mengkonsumsi juga buah seperti durian, tape atau makanan ringan brem tanpa mengalami efek samping berbahaya.
            Salah satu faktor yang mendorong berkembangnya perilaku minum minuman beralkohol adalah kebudayaan serta latar belakang kehidupan seseorang (Garry R. Collins, 2000).
                        Karena kebiasaan yang sudah membudaya ini maka muncul kecenderungan untuk merasionalkan norma-norma dan nilai-nilai menurut persepsi dan kepentingan mereka sendiri. Penyimpangan perilaku berupa minum minuman keras ini dilakukan dengan cara mengikuti arus pelaku lainnya melalui sebuah proses pembenanan, hal ini sesuai dengan teori netralisasi  yang dikemukakan oleh  Matza dan Sykes.
                        Jadi secara tidak langsung kebudayaan masyarakat ikut membantu perkembangan perilaku menyimpang di masyarakat berupa minum minuman keras.  Latar belakang kehidupan seseorang juga berpengaruh menentukan perilaku seseorang di masyarakat termasuk berbagai bentuk penyimpangan seperti minum minuman keras.
                        Orang yang pada masa kecilnya bergaul bersama dengan pemabuk tentu akan cinderung untuk menjadi pemabuk juga. Hal tersebut karena dalam lingkungan sosial, seseorang cinderung untuk berusaha diterima olah kelompok sosialnya dengan cara mengikuti perilaku dan gaya hidup mereka.

























BAB III
PENUTUP


3.1  Kesimpulan
            Faktor yang menpengaruhi seseorang menjadi alcoholic ada dari faktor internal maupun eksternal. Faktor internal misalnya, gen, keadaan psikologis dan kerohanian. Sedangkan faktor eksternal antara lain tingkat pendidikan, ekonomi, latar belakang kehidupan, budaya, serta kerana tidak adanya kontrol sosial di masyarakat. 

3.2  Saran
            Meminum minuman keras karena dampak negatif yang ditimbulkannya, baik itu kemiskinan, kebodohan dan penyakin yang ditimbulkan. Sayangi tubuh Anda dengan menjaganya dari  pengaruh negatif zat-zat aditif.














DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/Minuman_keras
http://wkmb.weebly.com/bacaan-umum-wkmb-sintang.html
http://www.horas.web.id/2012/05/tuak-dan-efeknya.html
https://pettbone.wordpress.com/2011/12/25/miras-putih-itu-bernama-cap-tikus-2/
https://www.facebook.com/PusatInformasiKebudayaanMelayu/posts/510121482403525
http://netsains.net/2013/03/kenapa-manusia-mengonsumsi-minuman-beralkohol/
http://software-comput.blogspot.com/2013/04/makalah-minum-minuman-keras.html

1 comment:

  1. Untuk anda pecinta togel yang sedang kebingungan untuk mencari angka jitu untuk di betting di berbagai pasaran, Anda sangat tepat jika membaca komentar ini^^. Seperti uang yang jatuh dari langit, permainan togel sangatlah menjadi primadona bagi Anda yang kebingungan untuk mencari tambahan dana untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan modal betting yang sangat kecil dan jackpot yang diberikan oleh bandar togel online yang sangat besar, akan membuat Anda menjadi sultan dalam waktu yang singkat.

    Tetapi, semua itu tidak lepas dari keberuntungan dan angka yang Anda betting dong^^. Untuk memudahkan Anda mencapai jackpot kita memberikan prediksi angka yang sangat jitu dengan presentase kemenangan yang sangat besar jika Anda betting di https://165.22.110.99/ , kerena di MADAM TOGEL Anda bisa melakukan bettingan hanya dengan 100 rupiah saja.

    Untuk pasaran yang sangat ramai playernya, kita sudah siapkan prediksi untuk menjadi angka bettingan Anda. Untuk Anda yang mencari prediksi jitu pasaran Hongkong, tinggal klik PREDIKSI HONGKONG . Prediksi tersebut sudah kita rancang sedemikian rupa dengan rumus-rumus yang kita ciptakan.

    Pasaran yang sangat ramai kedua yaitu Sydney, dengan keluaran result di siang hari pukul 13.50 WIB. Membuat pasaran ini menjadi primadona bagi kalangan pecinta togel. Nah, di pasaran sydney kita juga sudah siapkan PREDIKSI SYDNEY , yang sudah pasti memiliki presentase winrate yang sangat tinggi karena sudah di siapkan oleh para ahli dalam dunia togel.

    Selain 2 pasaran tersebut, PREDIKSI SINGAPORE juga menjadi prediksi yang sangat banyak pengunjung nya karena banyak player yang sudah memenangkan jackpot yang sangat besar dengan mengacu pada prediksi tersebut. Untuk Anda jangan ragu-ragu untuk klik Prediksi Singapore karena angka yang diberikan sudah dibuktikan sangat jitu.

    Nah, selain 3 pasaran tersebut kita juga sediakan 12 prediksi pasaran togel lain nya. Dan semua di rangkum dalam PREDIKSI MADAM TOGEL , tidak perlu repot-repot untuk Anda pecinta togel untuk mencari angka togel jitu lainnya. Karena semua prediksi kita sudah dijamin memiliki presentase winrate yang sangat tinggi dan bisa di akses tanpa biaya pula alias gratis.

    ReplyDelete